Silent Hill: Revelation 3D (2012)


Sutradara    : Michael J. Basset
Penulis        : Michael J. Basset
Perilisan      : 26 Oktober 2012
Penerbit      : Open Road Film
Durasi         : 1 jam 34 menit
Rating         : R
Bahasa        : Inggris
Anggaran    : $20.000.000
Pendapatan : $52.302.796
Pemeran      : Adelaine Clemens
                      Kit Harrington
                      Sean Bean
                      Carrie-Anne Moss

Silent Hill: Revelation 3D adalah sebuah film horor-supranatural dan thriller Amerika Serikat yang dirilis pada tanggal 26 Oktober 2012, bertepatan dengan perayaan Hallowen.

SINOPSIS
Heather (Adelaide Clemens) tinggal bersama dengan ayahnya yang bernama Harry (Sean Bean) dan sudah sering berpindah-pindah tempat tinggalnya, termasuk juga sekolahnya. Tidak hanya itu saja, mereka juga mengganti namanya di setiap kota yang ditinggalinya. Ternyata mereka melarikan diri dari kejaran ordo penganut kepercayaan tertentu.
Hampir setiap malam Heather selalu bermimpi buruk dan kadang kala melihat penampakan-penampakan yang mengganggu kesehariannya. Sebagai siswi baru disekolahnya, dia mempunyai teman yang juga baru pindah di sekolah itu yang bernama Vincent (Kit Harington).
Suatu hari Heather merasa dibuntuti oleh seorang laki-laki yang tak dikenal. Usut punya usut ternyata dia adalah seorang detektif swasta yang disewa oleh ordo penyembahan untuk menemukan keberadaannya. Namun detektif tersebut berbalik arah justru ingin membantu Heather namun sayangnya sudah keburu tewas oleh makhluk bertangan pisau. Pada saat pulang ke rumah ternyata ayahnya sudah hilang dan ada tulisan di dinding “Silent Hill”.
Antara percaya atau tidak, Heather memasuki dimensi alam lain yang bernama Silent Hill atau bukit sunyi. Suatu tempat yang sepi dan selalu berkabut serta tanpa cahaya matahari. Dia bertemu dengan Alessa yang memiliki kekuatan jahat. Sebenarnya Heather sendiri adalah bagian baik yang dipisahkan dari Alessa. Bagian baik yang dapat merasakan cinta. 

KRITIKAN
Reaksi para kritikus terhadap film ini sangat negatif. film ini hanya memegang skor 5.0/10 disitus IMDb, 15 dari 100 disitus Metacritic dan paling rendah di Rotten Tomatoes, film ini hanya mendapat skor 6% dari 100 dengan fresh 3 dan rotten 51.
Dennis Harvey dari Variety memberi film ini skor 20 dari 100 dan mengatakan "sebuah sekuel yang murahan".

SEKUEL
Michael J. Basset berencana membuat sekuel Silent Hill lagi pada tahun 2014 dengan judul
Silent Hill: The Last Nightmare.


PEMERAN
Adelaine Clemens sebagai Heather Mason
Kit Harrington sebagai Vincent
Sean Bean sebagai Harry Mason
Carrie-Anne Moss sebagai Claudia Wolf
Malcolm McDowell sebagai Leonard Wolf
Erin Pitt sebagai Alessa Gillespie
Martin Donovan sebagai Douglas Cartland

TRIVIA
  • Kit Harrington mengaku mencoba memainkan game Silent Hill, tapi dia tidak menyelesaikan gamenya karena terlalu menakutkan baginya.
  • Produksi dimulai saat badai salju aneh di Cambridge, Ontario pada 23 Maret 2011
  • kostum Red Pyramid yang dipakai oleh Roberto Campanella hanya dipakai 25 menit disetiap adegan.
  • Saat diinterview di New York Comic Con, Michael J. Basset saat syuting film dalam 3D, dia tidak menggunakan kamera tangan atau Steadycam.

SCREENSHOT



TRAILER